Card image cap
Racun Itu, Bernama Dendam

GENOTA.ID – Dendam (amarah) yang tersimpan dalam diri seseorang akibat sebuah peristiwa buruk, ibarat bara dalam sekam. Kemarahan yang terus menerus dibawa-bawa dari waktu ke waktu itulah yang disebut sebagai racun. Orang yang menyimpan dendam, sesungguhnya adalah orang yang awalnya terdzholimi oleh orang lain. Kemudian melanjutkan kedzholiman orang lain.

Bedanya kali ini ialah, yang mendzholimi diri sendiri. Mungkin orang tersebut tidak sadar dan tidak mengerti, bahwa dengan menyimpan dendam, ia sedang melanjutkan kedzholiman orang lain pada dirinya sendiri.

Tapi seringkali kita lupa, bahwa mungkin seseorang berbuat buruk pada kita hanya lima menit, tapi kita sendiri yang mengulang-ulangnya dalam pikiran diri sendiri. Dan kemudian kita memperbolehkan peristiwa buruk tersebut memengaruhi diri kita.

Contoh, saat di dzolimi oleh seseorang, rasanya tidak nyaman. Tapi kenapa malah dibiarkan rasa tak nyamannya berlama-lama. Bisa jadi pelakunya sudah lupa. Namun, mengapa kita malah melanjutkannya (rasa tak nyaman itu) hingga bertahun-tahun kemudian.

Ketika hati penuh marah dan dendam, sesungguhnya kita menyimpan racun dalam diri kita sendiri dan menanggung kerugian. Mungkin saja orang yang berlaku buruk pada kita sudah tidak tahu, tidak ingat kejadian itu dan tidak berhubungan lagi. Jadi, ketika kita simpan dendam itu, sebenarnya yang teracuni adalah diri sendiri.

Lalu bagaimana caranya membuang racun bernama dendam tersebut? Menyadari bahwa dengan menyimpan dendam amarah, sesungguhnya yang dirugikan itu adalah diri sendiri. Itu saja dulu. Orang yang menyadari kerugian bila berlama-lama menyimpan dendam amarah, tentu tidak akan mau melakukannya.

Oleh karena itu, ada seorang filsuf yang mengatakan, bahwa memaafkan adalah membebaskan diri dari penjara, dan Anda mengetahui bahwa yang sedang terpenjara itu adalah diri Anda sendiri.

Sebarkan Kebaikan Anda
Responsive image
GenOTA (Gerakan Orang Tua Asuh) adalah Salah satu program dari LAZNAS Yatim Mandiri dalam bentuk kepedulian sosial untuk menjamin keberlangsungan pendidikan anak yatim dhuafa berprestasi
Kantor Layanan
Jalan Raya Jambangan No.135-137 Surabaya
(031)8283488
08113251112
genota@yatimmandiri.org
Ikuti Kami