Card image cap
MENTAL SEHAT DENGAN BERPIKIR POSITIF



Sebagai makhluk yang diciptakan oleh Allah, manusia merupakan makhluk yang diciptakan paling sempurna dan dianugerahi akal pikiran untuk melangsungkan hidupnya di dunia ini. Namun, pada kenyataanya manusia belum bisa untuk mengendalikan pikirannya sendiri menjadi pola positif dan malah banyak yang terjebak dengan pola pikir negatif.

Peneliti mengatakan bahwa pola negatif akan banyak dampaknya pada sisi psikologis dan salah satunya akan menimbulkan rasa pada diri seseorang yang disebut dengan hopelessnes ini merupakan kondisi dimana seseorang tidak memiliki harapan atau disebut dengan pesimistis.

Pada kenyataannya orang yang selalu berfikir positif akan lebih bahagia dalam menjalankan kehidupannya serta senantiasa mengevaluasi kehidupannya, hal ini lah yang tidak dimiliki oleh orang dengan pola pikir negatif.

Dengan berpikir positif akan membuat seseorang bersemangat dan optimis dalam menjalankan kehidupan dan banyak sekali manfaat dari berpikir positif ini dalam kehidupan ini jika kita melakukannya, yuk simak ulasan berikut ini!

1. Menumbuhkan mental individu yang kuat

Dalam menjalankan kehidupan, kepuasan hidup merupakan salah satu aspek kesehatan mental dan ini bisa mempengaruhi untuk bisa berfikir secara positif, aspek tersebut tentunya akan dirasakan oleh setiap individu terutama mereka yang memiliki mental yang sehat.

Kualitas kehidupan seseorang juga menjadikan tolok ukur dari kepuasan hidup, apabila seseorang atau individu tidak mampu mendapatkan kepuasan dalam hidupnya maka dampaknya ia akan cenderung berpikir negatif terhadap suatu hal. Sebaliknya, apabila individu mampu untuk senantiasa berpikir positif maka kepuasan dalam hidupnya akan terpenuhi.

Dengan senantiasa berpikir positif atau berprasangka baik akan membawa seseorang kepada kehidupan yang tenang, tentram dan tenang dan sangat mungkin untuk terhindar dari yang namanya stres, karena individu tersebut mampu untuk mengatur pola pikirnya untuk selalu berpikir positif dengan begitu setiap masalah yang hadir akan di sikapi dengan baik dan tenang.

 

2.Menumbuhkan optimisme dan membawa kebahagiaan

Melalui berpikir positif, seseorang dapat mengembangkan keterampilan, menumbuhkan sikap optimisme serta dapat menciptakan nilai yang nyata berupa kebahagian dalam kehidupan yang mana ini dapat bertahan lebih lama dibandingkan hanya dengan sebuah senyuman.

Ketika seseorang dapat berpikir secara positif maka emosi yang di ciptakan juga merupakan emosi yang positif dan pada faktanya orang yang memiliki rasa optimisme akan melihat sesuatu yang negatif secara atipikal dan bersifat sementara sehingga dengan demikian akan membuat seseorang tersebut tetap merasa bahagia dan sehat.

 

3.Stres psikologis menurun

Banyak sekali faktor yang dapat menimbulkan stres, tuntutan hidup merupakan salah satunya atau rasa khawatir akan suatu hal yang menyebabkan seseorang memunculkan banyak pikiran-pikiran negatif dan efek yang ditimbulkan dari muncul nya pikiran tersebut diantaranya rasa cemas, depresi hingga stres.

Stres sendiri merupakan suatu kondisi dimana seseorang mengalami tekanan, ketegangan dan beban ketika dihadapkan dengan tuntunan yang menantang seseorang dalam mengatur atau mengatasi hidupnya.

Menurut sebuah penelitian salah satu metode yang ampuh dalam meredam tingkat stres yaitu terapi berpikir positif dan merasa bahwa semua masalah akan dapat terselesaikan, Hal ini dikatakan mampu mengatasi tingkat stres pada seseorang. 

Jadi buat kamu yang sering mengalami stres berlebih, kamu bisa mencoba untuk terapi berpikir positif agar bisa menurunkan stres yang berlebih dan hidup dapat menajadi lebih tenang.

 

4.Memberi Rasa Tenang

Seseorang yang memiliki persepsi positif pada dirinya maka ini akan berdampak pada kepuasan hidup seseorang dan ini juga dapat menghilangkan tekanan akan rasa bersalah terhadap sesuatu. Dengan kata lain jika individu memandang hidup secara positif maka ia akan senantiasa merasa cukup dalam menjalani kehidupan.

Ketika seseorang merasa cukup dengan apa yang ada pada dirinya, tidak menuntut lebih akan pemberian maka orang tersebut akan merasakan suatu ketentraman, kebahagiaan dan ketenangan.

Membiasakan diri berpikir positif dan berprasangka baik terhadap tuhan dan sesama maka kamu akan mendapat ketenangan dalam hidup ini.

 

5. Jauh Dari Depresi

Banyak diantara kita kadang suka mengalami yang namanya depresi, depresi sendiri kondisi dimana terganggunya suasana hati yang mengakibatkan seseorang kurang tertariknya pada kehidupan dan memunculkan rasa sedih dan tertekan yang muncul secara terus menerus.

Diantara kesedihan tersebut adalah mereka merasa dirinya tidak berharga dan putus asa selama berminggu-minggu bahkan sampai pada titik tidak bisa menjalani kehidupannya kembali

Orang yang senantiasa menerapkan pola pikir positif dalam hidupnya maka akan cenderung jauh dari yang namanya depresi, selain itu pada penelitian lain menunjukkan pada penyandang cacat fisik yang mengalami depresi dan menjalani terapi berpikir positif tingkat depresi tersebut berkurang.

Nah, itulah pentingnya kita selalu menerapkan pola pikir positif dalam kehidupan kita, agar depresi kecil kemungkinannya akan kita alami, selain itu juga mampu menciptakan ketenangan yang baik bagi kesehatan mental.

Bagaimana kamu berminat untuk melakukannya?

 

Sebarkan Kebaikan Anda
Responsive image
GenOTA (Gerakan Orang Tua Asuh) adalah Salah satu program dari LAZNAS Yatim Mandiri dalam bentuk kepedulian sosial untuk menjamin keberlangsungan pendidikan anak yatim dhuafa berprestasi
Kantor Layanan
Jalan Raya Jambangan No.135-137 Surabaya
(031)8283488
08113251112
genota@yatimmandiri.org
Ikuti Kami