Card image cap
Melembutkan Kembali Hati Yang Keras Lagi mati

Tatkala badan berat untuk melaksanakan ibadah, enggan untuk beramal dan hati sulit untuk terenyuh, bisa jadi itu salah satu tanda bahwa kita sedang dihinggapi penyakit hati yang mengakibatkan hati menjadi keras dan sulit bisa menerima masukan, nasehat serta merasa berat untuk menjalankan ibadah.

Berbeda dengan penyakit pada umumnya yang mana ketika seseorang merasa sedang sakit maka ia akan menyadarinya dan segera mencari untuk obatnya salah satunya dengan berobat ke dokter, sedangkan seseorang yang dilanda penyakit hati cenderung tidak menyadari karena tidak ada fungsi organ yang terganggu, ini hanya bisa dirasakan oleh mereka sendiri  melalui kesadaran dan introspeksi diri.
 

Lantas bagaimana, apakah orang yang terjangkit penyakit hati ini tidak bisa terbebas dari penyakitnya?. Jawaban nya bisa, hanya saja untuk obat hati berbeda dengan obat medis.

yuk simak tulisan berikut untuk mengetahui apa saja sih obat hati itu agar hati bisa menjadi lembut kembali.

1. Banyak Mengingat Allah Dengan Berdzikir

Seseorang yang terjangkit penyakit hati, biasanya adalah mereka yang lupa dan jauh dari mengingat Allah. Maka untuk itu obat yang manjur adalah kembali banyak mengingat Allah melalui dzikir baik itu di waktu pagi, petang maupun setiap selesai menunaikan sholat fardhu. Tidak diragukan lagi, Karena dengan banyak mengingat Allah maka hati pun menjadi tenang. Hal ini selaras dengan firman Allah di dalam surah Ar-Ra’d ayat 28 yang artinya,
“Ketahuilah bahwa hanya dengan mengingat Allah , hati menjadi tenang.”

2. Banyak Membaca Al-Qur’an Dan Mentadabburinya

Dengan banyak membaca ayat-ayat suci yang terdapat di dalam Al-Qur’an bisa menjadi sebab lembutnya hati. Selain bisa membuat hati menjadi lebih tenang membaca Al-Qur'an juga akan diganjar banyak pahala yang mana 1 huruf saja akan diganjar 1 pahala, dan 1 pahala akan diganjar 10 kebaikan. Namun untuk mendapatkan ketenangan hati kita tidak cukup hanya sekedar membacanya saja, kita juga harus mentadabburi, direnungkan maknanya serta diamalkan.

3. Berteman Dengan Mereka Yang Baik Agamanya

Teman yang selalu mengajak dan mengingatkan pada hal kebaikan saat ini sudah sangat sulit ditemukan, keberadaan teman yang seperti ini sangat penting bagi kita karena saat ini banyak orang hanya sekedar berteman dan jarang untuk saling mengingatkan kepada kebaikan.

Dengan bergaul dengan mereka yang baik maka insya allah ketika sedang dalam kondisi futur (malas dan kondisi hati melemah) maka akan ada yang mengingatkan dan kembali mengajak kepada majelis-majelis ilmu. Jangan sampai ketika kondisi kita sedang lemah malah kita menjauhi teman-teman yang semangat dalam kebaikan.

4. Menyayangi Anak Kecil 

Anak kecil dengan tingkah laku polos nya bisa kadang bisa membuat membuat kita merasa senang dan bahagia, salah satu obat manjur untuk melembutkankan hati dengan menyayangi anak kecil, terutama anak kecil yang kondisinya Yatim( ayah nya sudah meninggal dunia).

Kita bisa sesekali ikut mengajari ngaji anak-anak yang ada di TPQ atau juga berkunjung ke panti asuhan, bercengkrama dengan mereka serta mengajar hal baik lainya.

5.Banyak Berdoa Kepada Allah

Yang terakhir seorang mukmin setelah melakukan ikhtiar maka harus tetap memohon kepada Allah dengan banyak memanjatkan doa kepada-Nya. Doa merupakan senjata bagi orang mukmin maka dari itu perbanyaklah doa dan memohon kepada Allah agar dimudahkan dalam ketaatan dan kelembutan hati serta minta dijauhkan dari rasa malas yang terus menerus sehingga hati menjadi mati.

Banyak doa-doa yang diajarkan oleh Rasulullah yang terdapat dalam hadits riwayat imam bukhari dan muslim yang artinya.

( Ya Allah, berlindung kepada-Mu dari kelemahan, rasa malas, rasa takut, kejelekan di waktu tua, dan sifat kikir. Dan aku berlindung kepada-Mu dari siksa kubur serta bencana kehidupan dan kematian.) “(HR.Al-Bukhari dan Muslim)

Nah demikianlah kiat-kiat dalam melembutkan hati, semoga kita semua diberikan Allah keistiqomahan dalam beribadah kepada-Nya dan di jauhkan dari hati yang keras lagi mati. wallahul muwaffiq.

 

Sebarkan Kebaikan Anda
Responsive image
GenOTA (Gerakan Orang Tua Asuh) adalah Salah satu program dari LAZNAS Yatim Mandiri dalam bentuk kepedulian sosial untuk menjamin keberlangsungan pendidikan anak yatim dhuafa berprestasi
Kantor Layanan
Jalan Raya Jambangan No.135-137 Surabaya
(031)8283488
08113251112
genota@yatimmandiri.org
Ikuti Kami