Card image cap
Hati Tenang Dengan Memaafkan

Sebagai makhluk sosial manusia tidak dari terlepas yang namanya interaksi kepada sesama lainnya. Baik itu interaksi dengan yang lebih tua, lebih muda ataupun yang seumuran dengan kita, sehingga tidak jarang dalam melakukan interaksi mengalami perbedaan pandangan yang berujung pada pada sebuah perselisihan.

 

Tak jarang sebuah perselisihan mengakibatkan pertengkaran yang berujung pada renggangnya sebuah pertemanan, persahabatan bahkan kekeluargaan. Hal itu akan menumbuhkan rasa kecewa, sakit hati dan tidak senang pada satu pihak bahkan kedua pihak yang berselisih paham.

 

Rasa kecewa dan sakit hati yang kita pendam dihati baik itu kepada seseorang atau sesuatu di dalamnya, hanya akan membuat kita tertekan oleh keadaan tersebut dan mengganggu kebahagiaan kita. Salah satu sikap atau tindakan yang dapat kita lakukan disini yaitu dengan cara memaafkan dan mengikhlaskannya.

 

Dalam agama Islam sangat dianjurkan untuk memaafkan dan saling memberi maaf kepada sesama, dengan kita memberi maaf kepada seseorang maka otomatis kita juga berdamai dengan diri sendiri dan tidak membebani dengan perasaaan-perasaan negatif.

 

Memberi maaf kepada orang yang telah melakukan tindakan atau perbuatan yang membuat perasaan kita menjadi sedih, marah dan kecewa merupakan sebuah bentuk sikap yang terpuji. Sikap tersebut merupakan perilaku yang selalu dicontohkan oleh Rasulullah kepada semua umatnya.

 

Selain itu, juga dapat menyambung dan memperkuat tali silaturahmi yang sebelumnya terputus, karena kita masih menyimpan perasaan negatif kepada teman, sahabat atau kerabat kita. Tidak hanya itu saja, banyak manfaat lain yang didapatkan dengan memaafkan dan memberi maaf kepada orang lain. 

 

Berikut diantara manfaat memaafkan dan mengikhlaskan bagi kesehatan:

 

1) Menstabilkan kesehatan mental
2) Detak jantung menjadi stabil
3) Membantu menjaga imunitas tubuh

4) Dapat mengurangi tingkat stres dan cemas

5) Menstabilkan tekanan darah

Memaafkan kesalahan diri sendiri dan orang lain merupakan langkah yang tepat untuk menghindarkan dari segala sesuatu yang dapat merugikan diri. Jika kita ingin menjalani roda kehidupan ini dengan tenang dan terlepas dari beban-beban yang seharusnya, maka tidak perlu kita terlarut didalam hal yang tidak bermanfaat. Sikap memaafkan merupakan salah satu bukti bahwa kita orang yang kuat dan akan mendatangkan kebahagiaan bagi diri sendiri.

 

Sebarkan Kebaikan Anda
Responsive image
GenOTA (Gerakan Orang Tua Asuh) adalah Salah satu program dari LAZNAS Yatim Mandiri dalam bentuk kepedulian sosial untuk menjamin keberlangsungan pendidikan anak yatim dhuafa berprestasi
Kantor Layanan
Jalan Raya Jambangan No.135-137 Surabaya
(031)8283488
08113251112
genota@yatimmandiri.org
Ikuti Kami