Card image cap
Genggam Erat Sahabatmu

GENOTA.ID - Salah satu kenikmatan hidup yang luar biasa adalah, kita punya sahabat. Saya yakin, tak ada manusia normal di dunia ini yang tidak punya sahabat. 

Saya menjadi teringat pesan-pesan orang bijak yang berilmu tentang sahabat ini. Imam Syafe’i pernah menyampaikan, “Apabila kalian memiliki sahabat yang membantumu dalam ketaatan, maka genggam erat tangannya. Karena mendapatkan seorang sahabat itu sulit, sedangkan berpisah darinya itu mudah.”

Kata Luqman Al Hakim, sahabat yang jujur itu ibarat pohon. Bila kita duduk berteduh di bawahnya, ia akan meneduhi kita. Bila kita mengambil buahnya, ia akan mengenyangkan kita. Dan, bila ia tidak memberi kita manfaat, ia tidak merugikan kita.

Walau terkadang ada sahabat yang berkhianat, itu masih lebih baik dibandingkan kita tak punya sahabat. Khianatnya seorang sahabat, adalah salah satu cara melatih kita menjadi lebih bijak.

Saya dulu pernah dikhianati sahabat saya, memang terasa sangat sakit. Tetapi dari kejadian itu, saya mendapatkan banyak pelajaran, ilmu, hikmah pengalaman yang nilainya begitu besar.

Sangat penting memiliki sahabat, maka berlombalah mencari sahabat. Secara fitrah, manusia akan berkumpul dengan yang frekwensinya sama.

Oleh karena itu, jika Anda ingin memperoleh sahabat yang tulus, maka Anda perlu berlatih menjadi tulus. Bila Anda ingin punya sahabat hebat, maka Anda juga harus berusaha menjadi hebat.

Sahabat itu pengingat. Sahabat itu penyelamat. Sahabat itu penolong. Sahabat itu penasehat. Sahabat itu mentor. Sahabat itu coach. Sahabat itu supporter. Sahabat itu inspirator. Sahabat itu motivator. Apakah Anda sudah menjadi sahabat seperti yang saya sebut?

Salam SuksesMulia! (Oleh: Jamil Azzaini)        

 

Sebarkan Kebaikan Anda
Responsive image
GenOTA (Gerakan Orang Tua Asuh) adalah Salah satu program dari LAZNAS Yatim Mandiri dalam bentuk kepedulian sosial untuk menjamin keberlangsungan pendidikan anak yatim dhuafa berprestasi
Kantor Layanan
Jalan Raya Jambangan No.135-137 Surabaya
(031)8283488
08113251112
genota@yatimmandiri.org
Ikuti Kami