Card image cap
Asyiknya Menabung Sejak Dini

 

Orang tua yang merupakan guru pertama bagi anak yang tentunya mengajarkan berbagai hal kepada sang anak dengan harapan kelak mereka menjadi anak yang mandiri serta mampu bertanggung jawab minimal kepada diri mereka sendiri

Termasuk salah satunya mengajarkan anak mengenai peran uang, mengenalkan kepada anak konsep uang sejak dini tidak lain semata-mata mendidik mereka apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan anak dengan uang miliknya. Serta kelak diharapkan mereka bisa lebih tepat dan bijak dalam mengatur dan mengelola keuangan ketika beranjak dewasa nanti

Meski dalam prakteknya bukan merupakan hal yang mudah, namun mau tidak mau orang tua harus mengajar anak hal-hal kecil seperti menabung misalnya.

Ketika anak sudah berusia 6-7 tahun maka inilah momen orang tua bisa mulai mengedukasi mengenai apa itu uang dan apa kegunaannya, karena pada usia tersebut anak sudah mulai mengerti menghitung tambah, pengurangan, mana nilai besar dan kecil.
Berikut beberapa tips yang bisa membantu para orangtua untuk mengedukasi anak menabung.

1 Mengenalkan Uang Secara Bertahap

Untuk tahap awal orang tua bisa memulai dengan memperkenalkan bentuk, warna, gambar serta nominal kepada anak. Tentu penyampaian ini menggunakan bahasa-bahasa yang mudah dimengerti oleh anak.

memperkenalkan suatu hal yang baru kepada anak akan lebih mudah diterima ketika orang tua mengajak anak berinteraksi, bisa dilakukan dengan cara bermain misalnya dan bisa di sisipkan kuis-kuis sederhana untuk mengevaluasi kemampuan anak dalam memahami apa yang telah kita ajarkan.
Orangtua perlu menghindari pola mendidik anak dengan tegas dan keras, hal justru akan membuat anak merasa takut untuk belajar dan menganggap sepele uang.

2 Melibatkan Anak Dalam Hal-hal Kecil

Selain mulai memperkenalkan anak dengan uang orang tua juga dirasa perlu untuk melibatkan mereka dalam hal-hal kecil di dalam kehidupan sehari hari, misalnya saja orang tua bisa mengajak anak ketika hendak membeli kebutuhan bulanan tujuannya tidak lain ialah mengajarkan kepada anak bahwa orang tua sedang mengeluarkan uang untuk kebutuhan.

Dan ini juga merupakan salah satu bentuk orang tua dalam memberikan contoh tentang pengelolaan uang di kehidupan asli, apabila anak bertanya maka sebagai orangtua harus menjawabnya dengan bahasa yang lebih mudah ditangkap oleh mereka.

3 Memberikan Celengan Kepada Anak

Setelah orang tua memberikan edukasi dan contoh maka langkah selanjutnya bagi anak adalah praktek, orang tua bisa mulai dengan membeli celengan untuk anak serta mulai mengajak anak supaya rutin untuk memasukkan uang kedalam celengan tersebut.

Hal ini tentunya menimbulkan kebiasaan baik anak untuk selalu menyisihkan uangnya dan juga sebelum memberikan anak celengan orang tua harus terlebih dahulu menjelaskan kepada anak tentang apa saja manfaat dari menabung itu sendiri. contoh kecil orang tua memberi tahu kepada anak bahwa dengan menabung mereka bisa membeli sesuatu yang mereka inginkan dengan uang mereka sendiri.

4 Memberikan Contoh Yang Baik
Selain mengajarkan kepada anak mengenai teori dan praktik, menjadi contoh juga merupakan edukasi yang penting karena pada dasarnya anak akan mengikuti apa yang di contohkan oleh lingkungan sekitar nya.
orang tua merupakan panutan bagi anak-anak nya serta menjadi madrasah bagi mereka, dengan terus memberikan contoh yang baik khususnya mengenai penggunaan uang dan cara menabung yang baik dan benar agar anak bisa sedini mungkin paham dan mengerti pentingnya berhemat dan menabung.

 

Sebarkan Kebaikan Anda
Responsive image
GenOTA (Gerakan Orang Tua Asuh) adalah Salah satu program dari LAZNAS Yatim Mandiri dalam bentuk kepedulian sosial untuk menjamin keberlangsungan pendidikan anak yatim dhuafa berprestasi
Kantor Layanan
Jalan Raya Jambangan No.135-137 Surabaya
(031)8283488
08113251112
genota@yatimmandiri.org
Ikuti Kami