Card image
Tetap Produktif Saat #DirumahAja

GENOTA.ID - Berdiam diri di rumah saat pandemi Covid-19 memang terasa membosankan. Bagi generasi milenial yang sibuk, waktu #dirumahaja adalah sebuah keuntungan. Biasanya para milenial yang bekerja, mengeluh tak punya banyak waktu dengan keluarga atau hanya untuk sekadar beristirahat (me-time).
Saat ini, sebagian besar dari mereka mungkin sedang menjalani bekerja atau belajar dari rumah. Imbauan ini perlu disadari sebagai upaya kita untuk memperkecil kemungkinan penyebaran virus Covid-19. Sebelum menjalani work from home atau study from home, ada hal-hal yang perlu kamu perhatian dengan seksama. Untuk Anda yang menghabiskan 1-2 jam di perjalanan saat berangkat kerja, cobalah untuk manfaatkan waktu itu dengan cara yang produktif. Seperti:
1. Membaca buku
Dikutip dari Times of India, Kamis 19 Maret 2020, aktivitas pertama yang bisa kamu lakukan adalah  merampungkan buku yang dibaca. Apakah kamu meninggalkan begitu saja novel yang setengah dibaca karena kekurangan waktu?
Dengan waktu istirahat yang lebih panjang seperti saat ini, mungkin inilah waktu terbaik untuk melanjutkannya. Temukan spot favorit di rumah dan mulailah kembali membaca novel yang sempat tertunda.
2. Merapikan pakaian di lemari.
Cara lain untuk memanfaatkan masa #dirumahaja adalah dengan merapikan dan menata kembali lemari pakaian kamu. Saatnya mempersiapkan baju-baju musim panas karena sebentar lagi musim hujan akan berakhir.
3. Berolahraga
Bagi sebagian besar orang, jadwal sibuk menjadi alasan mengapa kamu tidak bisa berolahraga. Ini adalah waktu terbaik untuk memperhatikan kesehatan kamu. Bagi orang-orang yang bekerja di gym atau bidang olahraga lainnya, sediakan ruang untuk gym di rumah! Searching di youtube atau internet cara-cara workout untuk di rumah.
4. Menghabiskan waktu bersama keluarga
Pada zaman sekarang ketika semua anggota keluarga begitu terjebak dalam pekerjaannya, kita jarang menemukan waktu untuk duduk bersama dan berbicara dengan keluarga. Manfaatkan waktu kamu sebaik-baiknya dan nikmati sesi obrolan sehat bersama keluarga. Jika kamu memiliki hewan peliharaan, luangkan waktu untuk memberi makan, merawat dan memandikannya. Semua ini tidak hanya akan mengisi luang waktu, tetapi juga dapat membuat kamu lebih bahagia.
5. Bercocok tanam
Bagi mereka yang suka menanam tanaman, ini adalah waktu yang ideal untuk merawatnya. Tambahlah tanaman baru dan pangkaslah daun atau rumput-rumput liar di taman kamu. Berkebun mungkin merupakan salah satu kegiatan paling santai dan menghilangkan stress.
6. Merapikan rumah
Saat #dirumahaja adalah waktu terbaik untuk memberikan perhatian khusus pada rumah kamu. Ada sudut-sudut dan hal-hal yang kamu tidak dapat bersihkan karena jadwal yang sibuk. Dengan waktu luang yang kamu miliki, kamu bisa membersihkan atau menata ulang posisi furniture di rumah kamu agar terlihat lebih rapih dan fresh.
7. Menonton
Karena kurangnya waktu, menonton acara series favorit atau film merupakan hal yang sulit dilakukan karena sibuk bekerja. Saat #dirumahaja adalah waktu yang optimal untuk menonton serial atau film favorit yang telah lama kamu tunda.
8. Mulai hobi baru
Mendapatkan waktu ekstra di rumah mungkin merupakan bonus besar bagi kita semua. Manfaatkan waktu ini untuk memulai hobi baru seperti bermain gitar, belajar menari, menggambar atau memasak. Memiliki hobi ekstra merupakan nilai tambah untuk dimiliki dan tidak ada kata terlambat untuk memulainya.
9. Berkreasi
Untuk semua pecinta seni, ini adalah waktu terbaik untuk membuat sesuatu yang kreatif. Cobalah beberapa kerajinan DIY atau cat dinding kamar kamu dengan cara yang kreatif. Kamu juga dapat membuat kerajinan yang menyenangkan untuk menciptakan sesuatu yang bermanfaat.
10. Merapikan feeds Instagram
Jika kamu memiliki spot-spot menarik di rumah, atau stock foto di gallery kamu, mungkin merapikan feeds instagram kamu juga bisa jadi pilihan.

 

Sebarkan Kebaikan Anda

GenOTA.id

GenOTA (Gerakan Orang Tua Asuh) adalah Salah satu program dari LAZNAS Yatim Mandiri dalam bentuk kepedulian sosial untuk menjamin keberlangsungan pendidikan anak yatim dhuafa berprestasi