Card image
Sukses dengan Sedekah

GENOTA.ID - “Mengapa seseorang selalu merasa kurang secara penghasilan? Mungkin karena ia kurang sedekah!” Banyak orang yang memiliki penghasilan besar, namun selalu merasa tidak cukup. Bahkan tidak jarang pengeluaran mereka lebih besar dari penghasilan yang didapat. Mungkin diri kita pernah merasakan demikian. Maka instropeksilah, mungkin sedekah yang kita keluarkan terlalu sedikit, sehingga berkah yang Allah SWT berikan juga sekedarnya.

Padahal dalam surat Al An’am ayat 160, Allah SWT sudah janji akan melipatgandakan pahala sampai 10 kali lipat bagi mereka yang berbuat kebaikan. Jadi sebetulnya kita tak perlu ragu untuk menyisihkan penghasilan bagi mereka yang membutuhkan. 1 – 1 = 10, itulah ilmu sedekah. Banyak kejadian dibalik fenomena keajaiban sedekah.

Contohlah sebuah kisah tentang seorang supir yang mengeluh karena gajinya terlalu kecil. Dia bilang gajinya cuma 800 ribu, padahal anaknya lima! Ia ingin gajinya jadi 1,5 juta!” Lalu saya mengajak supir itu mensyukuri terlebih dahulu apa yang telah didapatkannya selama ini. Kemudian saya tunjukan surat Al An’am 160 dan surat 65 ayat 7, mengenai anjuran bagi yang kaya untuk membagi kekayaannya dan yang mampu membagi kemampuannya.

Supir itu lantas bertanya,”Kapan ayat-ayat itu dibaca dan berapa kali, Ustad?” Nah, inilah kelemahan orang kita. Al-Quran hanya untuk dibaca!” Lalu saya tanya supir itu, “Bawa duit berapa didompet?” Supir itu mengeluarkan uangnya dalam dompet, jumlahnya seratus ribu rupiah. Langsung saya ambil, “Nah, uang ini akan saya sedekahkan, ikhlas?” Supir itu menggaruk-garukkan kepalanya, namun sejurus kemudian mengangguk dengan terpaksa. “Dalam tujuh hari kerja, akan ada balasan dari Allah!” “Kalau nggak, Ustad?” Saya jawab, “Uangnya saya kembaliin!”

Mulailah sejak itu ia menghitung hari. Hari pertama tidak ada apa-apa, demikian pula hari kedua. Bahkan pada hari ketiga uangnya hilang sejumlah 25 ribu. Rupanya ia bawa uang 125 ribu, namun keselip. Pada hari keempat supir itu diminta atasannya untuk mengantar ke Jawa Tengah. Selama empat hari empat malam mereka pergi. Begitu kembali, atasannya memberikan sebuah amplop, “Ini hadiah istri kamu yang kesepian di rumah,” begitu kata bosnya. Ketika amplop itu dibuka, Subhanallah…. Jumlahnya 1,5 juta rupiah.

Contoh kisah lainnya, yakni tentang hutang 100 Juta yang lunas hanya dengan sedekah 100 Ribu. Orang ini mendengarkan ceramah seorang ustad yang mengatakan, kalau sedekah itu dapat membeli penyakit, dapat membayar hutang, dan dapat menyelesaikan masalah. Teringat hutangnya sejumlah 100 Juta, ia menyedekahkan uang yang ada, sebesar 100 Ribu. Dalam hatinya ia berharap hutangnya dapat cepat lunas.

Dan… Allah mengabulkan doanya secepat kilat. Begitu pulang dari pengajian, saat menyeberang jalan, orang itu tertabrak mobil. Kebetulan yang nabrak orang kaya. Selain dibawa ke rumah sakit, dia juga melunasi hutangnya!” Itulah… Allah SWT punya cara tersendiri untuk menolong hamba-Nya.

 

Sebarkan Kebaikan Anda

GenOTA.id

GenOTA (Gerakan Orang Tua Asuh) adalah Salah satu program dari LAZNAS Yatim Mandiri dalam bentuk kepedulian sosial untuk menjamin keberlangsungan pendidikan anak yatim dhuafa berprestasi