Card image
Serunya Pesta Demokrasi Anak Asuh dan Juga Siswa SMA ICMBS, Dengan Cara E-Voting

GENOTA.ID - Kegiatan Kongres II OSMA ICMBS dan Semarak Pesta Demokrasi telah dilaksanakan pada 4-10 Oktober 2020. Gemuruh kemeriahan acara tersebut menggema memenuhi auditorium gedung graha YM lantai 7, seluruh Civitas Academica SMA ICMBS hadir menjadi saksi dan berpartisipasi. Ada beberapa rangkaian kegiatan bertema “Pesta Demokrasi”, yakni :
1. Lomba mading antar kelas
2. Lomba festival lagu
3. Lomba deklamasi puisi
Setiap kelas wajib mengirimkan perwakilan siswa sebagai delegasi untuk lomba tersebut. Rangkaian kegiatan itu dimaksudkan agar seluruh siswa dapat merasakan iklim demokrasi.

Kegiatan dibuka oleh sambutan Ustad Ilman Aji Ibrahim, S.Pd.I sebagai Waka Kesiswaan. Dilanjutkan serangkaian lomba dan penilaian oleh dewan juri. Kemudian, ke-empat pasangan calon dipersilakan untuk memperkenalkan diri dengan para audiens serta berkampanye. Mereka sudah meyiapkan materi dalam adu debat. Visi dan misi tiap-tiap pasangan calon sudah mereka siapkan dalam ajang debat yang akan disaksikan oleh seluruh civitas.

Pemilihan ketua dan wakil OSMA menggunakan digital software atau e-voting. Software ini dibuat dengan PHP untuk pelaksanaan dalam jaringan. Beberapa laptop dapat dihubungkan secara bersamaan dengan cara menggunakan koneksi wifi yang dipancarkan dari laptop dan kemudian diterima oleh beberapa laptop yang lain. Pelaksanaan pemilihan diawali dengan pemberian token kepada setiap siswa dan guru. Kemudian, token tersebut digunakan untuk log-in dalam software pemilihan ketua OSMA. Pemilihan dilakukan di dalam bilik, setiap bilik dilengkapi laptop yang sudah siap dengan software aplikasi. Siswa dan guru melakukan log-in dengan token yang sudah diberikan. Lalu, siswa dapat langsung memilih dengan cara melakukan klik pada gambar calon ketua dan wakil OSMA. Setelah melakukan klik/pilihan maka otomatis software akan menuju ke halaman log-in kembali dan siap untuk pemilih berikutnya.

Sebagai forum tertinggi siswa SMA Insan Cendekia Mandiri Boarding School, Forum Kongres II OSMA ICMBS telah membahas dan menetapkan keputusan-keputusan penting bagi jalannya roda organisasi OSMA ICMBS. Adapapun beberapa kesepakatan penting tersebut kami rangkum sebagai berikut:
1. Menetapkan kembali nama OSMA ICMBS sebagai singkatan resmi dari OSIS SMA Insan Cendekia Mandiri Boarding School
2. Menetapkan kembali pembagian kekuasaan di OSMA ICMBS, yaitu Pengurus OSMA sebagai pemegang kekuasaan di bidang eksekutif, dan MPK sebagai pemegang kekuasaan di bidang legislatif.
3. Merevisi aturan mengenai pemilihan anggota MPK yang sebelumnya dipilih dari ketua dan sekretaris kelas menjadi dipilih secara langsung melalui pemilihan umum
4. Menugaskan kepada Pengurus OSMA yang akan terbentuk untuk meneliti dan menulis sejarah pendirian OSMA ICMBS
5. Memperjelas klafisikasi komunitas dan ekstrakurikuler sebagai wadah pengembangan minat dan bakat siswa
6. Menetapkan nama-nama berikut sebagai Ketua-Wakil Ketua OSMA ICMBS dan Anggota MPK 

Periode 2020-2021 :
Ketua : Sucipto
Wakil Ketua : Achmad Sholeh Farhat
Anggota MPK
Kelas X MIA 1 : Firman Aji, M. Raeqald Rayya, M. Zainur Rohim
Kelas X MIA 2 : M. Nur Khafit, M. Musdalifah, Diky Candra
Kelas X IIS : M. Anwar, M. Qomaruz Zaman, Abdillah Aqsa
Kelas XI MIA 1 : Aldi Rahmat, Ahmad Jundi Dhiyaul Haq, Iqbal Ar Rohmansyah
Kelas XI MIA 2 : Rizky Rizki Ramadhani, Zainal Arifin
Kelas XI IIS : Fido Aziz Yanuar, M. Wahyu Haidar R., A. Raihan F.
 

Sebarkan Kebaikan Anda

GenOTA.id

GenOTA (Gerakan Orang Tua Asuh) adalah Salah satu program dari LAZNAS Yatim Mandiri dalam bentuk kepedulian sosial untuk menjamin keberlangsungan pendidikan anak yatim dhuafa berprestasi