Card image
Selamatkan Generasi Emas Indonesia

GENOTA.ID - Hampir sebagian besar anak usia sekolah saat ini sudah menggunakan komputer dan internet. Hal ini seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi. Banyak orang tua yang memberikan fasilitas komputer dan internet untuk anak-anak mereka. Anak-anak remaja sekarang yang merupakan generasi Z memiliki interaktif tinggi dengan teknologi alias gadget.

Kemajuan teknologi memberi kontribusi besar dalam tingginya angka kekerasan seksual dan kecanduan pornografi dikalangan anak-anak dibawah umur dan remaja di Indonesia. Kekerasan seksual pada anak dari tahun ke tahun meningkat tajam. Pada 2011, dari 2509 kasus kejahatan, 58%nya adalah kekerasan seksual pada anak. Dan tahun 2012 meningkat menjadi 62%.

Buat Kesepakatan Berinternet

Beberapa kasus kekerasan seksual dan perkosaan terhadap anak-anak dibawah umur terjadi akibat pertemanan di media sosial. Banyak orang tua yang kurang mengenal dan mengawasi kegiatan anak-anak mereka di dunia maya.

Salah satu cara untuk mengantisipasi agar anak terhindar dari menjadi korban kekerasan seksual, terutama dari lingkungan teman maupun jeratan yang berasal dari media sosial. Sebelum mereka menjelajahi dunia maya, sebaiknya pastikan dan sepakati bersama mengenai “aturan main” berinternet. Ajak anak Anda untuk terlibat dalam membuat aturan-aturan tersebut. Kesepakatan bersama yang sebaiknya dipatuhi anak dalam berinternet misalnya:

1. Bermain komputer/internet hanya pada hari libur, kecuali jika ada tugas yang menggunakan komputer/internet. Dengan maksimal waktu 2 jam.

2. Letakkan komputer di ruang keluarga dan dapat terlihat oleh anggota keluarga lainnya.

3. Jangan menulis status di media sosial yang tidak diperlukan oleh orang lain.

4. Tetaplah menulis dengan santun.

5. Tolak permintaan pertemanan dari orang yang belum mereka kenal.

6. Tolak atau hapus akun Facebook atau Twitter yang tidak sopan atau tidak bermanfaat.

7. Laporkan perilaku apapun yang mencurigakan kepada orangtua, guru atau polisi bila perlu.

8. Tidak boleh mengirim, mengunggah atau meng-upload foto yang tidak perlu diketahui orang lain.

9. Tidak boleh mendownload atau menginstall software apapun tanpa ijin orang tua.

Anda dapat menambahkan aturan main lain yang sesuai dengan kondisi keluarga saat ini. Misalnya boleh bermain internet jika sudah mengerjakan tugas sekolah ataupun tugas membantu orang tua dirumah.

Sebarkan Kebaikan Anda

GenOTA.id

GenOTA (Gerakan Orang Tua Asuh) adalah Salah satu program dari LAZNAS Yatim Mandiri dalam bentuk kepedulian sosial untuk menjamin keberlangsungan pendidikan anak yatim dhuafa berprestasi