Card image
Pembuka Rezeki

GENOTA.ID - Didalam Al-Quran maupun hadist, kita bisa belajar apa saja yang bisa menjadi pintu pembuka rezeki yang merupakan rahasia menjadi kaya:

Miliki Ilmu Menjadi Kaya
“Dan sesungguhnya keutamaan orang yang berilmu atas orang yang ahli ibadah seperti keutamaan (cahaya) bulan purnama atas seluruh cahaya bintang.” (H.R. Ahmad, Tirmidzi, Abu Dawud, dan Ibnu Majjah)

Imam Syafi’i berkata, “Barangsiapa menginginkan sukses dunia hendaklah diraihnya dengan ilmu dan barangsiapa menghendaki sukses akherat hendaklah diraihnya dengan ilmu, barangsiapa ingin sukses dunia akherat hendaklah diraih dengan ilmu”.

Sudahkah Anda memiliki ilmu menjadi kaya? Ikhtiar maksimal itu selain kerja keras, juga ikhtiar dengan cara dan strategi terbaik. Dan Anda tidak akan mengetahui cara dan strategi terbaik jika tidak mengetahui ilmu. Belajarlah, miliki kemampuan dan pengetahuan bagaimana cara menjadi kaya. Banyak orang mau menjadi kaya, tetapi malas belajar menjadi kaya.

1. Doakan Saudara Kita Menjadi Kaya Tanpa Sepengetahuannya.
Sebab, doanya akan kembali ke kita. Dari Abu Darda ra bahwasannya ia mendengar Rosululloh SAW bersabda, “Tiada seorang muslim yang mendoakan saudaranya tanpa sepengetahuan saudaranya, kecuali malaikat berkata: Dan untuk kamu pula seperti itu”. (HR. Muslim).

Dengan doa ini pun kita sedang belajar keberlimpahan. Bahwa Allah Maha Kaya, tidak akan habis meski sudah banyak orang lain kaya. Tidak perlu dengki, tidak perlu takut kehabisan, tidak perlu takut dengan persaingan.

2. Perluas Silaturahim
Secara logika, bahwa datangnya kekayaan itu melalui orang. Bisa berupa mitra, supplier, dan jelas pelanggan. Juga penting dari orang juga kita bisa mendapatkan ilmu dan kemampuan menjadi kaya. Maka perluas silaturahmi.

“Barang siapa yang ingin diluaskan rezekinya atau dikenang bekasnya (perjuangan atau jasanya), maka hendaklah ia menghubungkan silaturahmi.” (HR Muslim).

3. Syukuri Kekayaan Yang Sudah Anda Miliki
“Jika kamu bersyukur pasti akan aku tambah (nikmat-Ku) untukmu dan jika kamu kufur maka sesungguhnya siksa-Ku amat pedih” (QS Ibrahim: 7)

Anda itu sudah kaya, meski belum sebanyak yang Anda harapkan. Maka syukurilah. Bahkan jika hanya memiliki satu baju di badan dan makan hanya untuk hari ini, syukurilah. Jangan kufuri nikmat, alih-alih mendatangkan nikmat, malah mendatangkan siksa yang pedih.Selalulah bersyukur.

4. Bersedekah
Ini sudah cukup difahami dan sudah banyak yang membahas, tentang bersedekah.
Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir: seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (kurnia-Nya) lagi Maha Mengetahui. (QS. Al Baqarah: 261)

Semoga kita semua diberikan kekayaan oleh Allah, kekayaan dari rezeki yang halal, yang barokah dan membawa kebaikan bagi kita semua baik di dunia maupun di akhirat. Jadi sebenarnya rahasia menjadi kaya itu tidak ada rahasianya. Berdoalah, mohonlah pertolongan Allah, dan ikhtiar dengan maksimal.(*)

 

Sebarkan Kebaikan Anda

GenOTA.id

GenOTA (Gerakan Orang Tua Asuh) adalah Salah satu program dari LAZNAS Yatim Mandiri dalam bentuk kepedulian sosial untuk menjamin keberlangsungan pendidikan anak yatim dhuafa berprestasi