Card image
Peluang Bisnis di Era New Normal

GENOTA.ID - Jelang new normal, ide bisnis apa yang menguntungkan? – Virus COVID-19 yang sedang menjadi wabah dunia sangat berimbas pada sektor perekonomian, termasuk usaha kecil dan menengah. Sejak adanya imbauan dari pemerintah untuk tetap berada di rumah atau PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) guna memutus rantai penularan virus, banyak bisnis yang semakin lesu. Beberapa bisnis bahkan sudah menutup gerainya dan merumahkan sementara karyawannya.  Tidak hanya bisnis besar saja, bisnis usaha kecil dan menengah juga mengeluhkan hal sama. Sebagai pemilik bisnis, Anda dipaksa untuk memikirkan cara lain agar bisnis tetap berjalan.

Dalam waktu dekat, pemerintah akan memberlakukan pelonggaran PSBB atau new normal. Baik di tahap new normal atau pandemi, situasi sejatinya tetap sama. Pelaku bisnis perlu menerapkan protokol kesehatan dan juga memberlakukan strategi baru. Perilaku konsumen pun juga berubah.

Menurut McKinsey dalam ulasannya COVID-19: Briefing Materials, konsumen cenderung lebih selektif dalam berbelanja dan mulai memikirikan kebutuhan yang dirasa paling bermanfaat bagi diri mereka seperti makanan pokok atau alat kesehatan. Berdasarkan hal tersebut, beberapa ide bisnis di bawah ini bisa menjadi pilihan Anda untuk menjalankan bisnis di era new normal:

1. Makanan Frozen/Tahan Lama.
Beberapa wilayah di Indonesia sudah menerapkan aturan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) bahkan mulai menerapkan new normal. Meski begitu, keduanya membuat interaksi langsung antar orang menjadi semakin berkurang. Kondisi ini tentu menimbulkan kebiasaan-kebiasaan baru di tengah pandemi.
Masyarakat hanya membutuhkan makanan yang tersaji cepat, praktis, ekonomis, namun tetap memenuhi kebutuhan gizi dan kesehatan. Beberapa orang juga lebih suka untuk menyimpan yang tahan lama agar tidak sering keluar rumah.
Berbisnis makanan beku atau tahan lama sebenarnya tidak sulit. Saat ini jenis makanan beku tidak lagi hanya seputar sayur dan makanan olahan saja, ada juga masakan padang frozen, tumis ikan, sate ayam, dan masih banyak lagi contohnya.

2. Sayur dan Buah Online.
Di masa pandemi COVID-19 dan new normal, permintaan akan buah dan sayur semakin meningkat. Masyarakat mulai banyak yang sadar akan pentingnya menjaga kesehatan dengan konsumsi makanan sehat. Kebijakan PSBB tentu membuat masyarakat menjadi tidak leluasa melakukan kegiatan, salah satunya berbelanja sayur dan buah segar.
Menjual buah dan sayur secara online adalah salah satu cara memanfaatkan teknologi di tengah pandemi. Anda bisa menggunakan platform situs web atau aplikasi untuk mengoperasikan bisnis ini. Bekerja sama dengan supplier buah atau sayur lokal, membuat peluang keuntungan usaha kecil dan menengah ini tidak hanya naik di masa pandemi.

3. Minuman Herbal.
Konsumsi jamu dan minuman herbal lainnya adalah usaha preventif masyarakat untuk menjaga kesehatan di tengah wabah virus Covid. Kebiasaan baru ini yang membuat bisnis empon-empon atau ramuan rempah menjadi naik daun. Terbukti dengan naiknya harga rempah di pasaran mulai dari jahe, kunyit, kencur, dan rempah lainnya.
Selagi naik daun, kesempatan ini bisa Anda lihat sebagai peluang bagus untuk memulai bisnis minuman herbal atau jamu. Minuman jamu adalah ide usaha kecil dan menengah dengan modal yang relatif kecil, namun untungnya bisa berkali-kali lipat.

4. Kuota Internet.
Beberapa aktivitas kantor dan sekolah saat ini mulai beralih menggunakan sistem online. Para pekerja kantor sudah dihimbau untuk bekerja dari rumah, sedangkan para pelajar sementara belajar menggunakan online learning. Kondisi ini membuat pemakaian internet menjadi lebih banyak dari biasanya. Anda dapat melihat ini sebagai peluang yang bagus untuk berbisnis kuota internet.

5. Alat Sanitasi dan Perlindungan Diri.
Tidak lupa, di era new normal, ide bisnis alat kesehatan dan perlindungan diri seperti hand sanitizer dan masker menjadi pilihan. Selain memberikan kontribusi besar bagi masyarakat, Anda juga bisa mendulang keuntungan yang banyak. Tips bagi kami, buatlah kemasan atau desain yang bisa membuat orang tertarik membeli produk Anda. Misalnya menggunakan desain kekinian, kemasan hand sanitizer yang mudah dibawa kemana-mana dan memiliki kemasan yang kekinian pula.(*)

 

Sebarkan Kebaikan Anda

GenOTA.id

GenOTA (Gerakan Orang Tua Asuh) adalah Salah satu program dari LAZNAS Yatim Mandiri dalam bentuk kepedulian sosial untuk menjamin keberlangsungan pendidikan anak yatim dhuafa berprestasi