Card image
Peluang Bisnis Kuliner di New Normal

GENOTA.ID - Bisnis Kuliner menjadi sebuah jenis bisnis yang mudah dijalankan oleh siapapun, dimanapun, dan kapanpun. Karena bisnis kuliner adalah bisnis yang memenuhi kebutuhan utama manusia, yaitu “makan”. Dalam memenuhi kebutuhan makannya, manusia sering kali membutuhkan pilihan untuk memenuhi keinginannya dan seleranya yang berbeda setiap orangnya. Itulah mengapa ada banyak sekali jenis bisnis kuliner dengan berbagai jenis yang berbeda-beda. Mulai dari masakan tradisional, penyetan, chinese food, western food, seafood, fast food dan masih banyak lagi. Tempatnya pun beragam,  mulai gerobakan di pinggir jalan, restoran diruko, hingga restoran didalam mall.

Namun, ditengah wabah covid19, semua bisnis ini berubah seketika. Perubahannya terletak pada proses jual beli makanannya. Karena setiap orang harus menjaga jarak, dan keterbatasan aktivitas didalam ruangan, dan terutama makanan sangat rentan terpapar virus dan bakteri. Maka baik penjual dan pembeli mulai sangat berhati-hati dalam membeli makanannya. Sudah banyak pebisnis kuliner mengubah model bisnisnya. Yang awalnya penjualan manual, kini beralih penjualan secara online. Dan produknya pun diubah ke produk yang bisa dikirim jarak jauh dan bisa disimpan beberapa hari dirumah untuk dimasak sendiri secara instant. Seperti frozen food dan dryfood.

Sebentar lagi kita akan memasuki Era New normal atau masa new normal, lalu bagaimana peluang bisnis kuliner di masa new normal? Tentu saja peluangnya sangat bagus sekali, asalkan, pebisnis harus memahami kebutuhan utama pelanggan. Kalau sebelum covid, kebutuhan pelanggan yang utama adalah rasa, suasana, bahkan brand. Saat ini pelanggan lebih membutuhkan jaminan kebersihan dan keamanan makanan yang mereka beli. Sehingga pebisnis kuliner harus bisa memberikan pelayanan baru, dengan menyesuaikan tata cara pemrosesan pemesanan dan pengiriman pesanan sampai ketangan pelanggan. Harus disesuaikan dengan pola masyrakat yang saat ini sedang menjaga jarak dan terkait protocol tidak boleh dine in.

Berikut ini hal-hal yang bisa kita lakukan agar sukses berbisnis kuliner di era new normal :
-    Ubah konsep bisnis kulinernya dengan berfokus menjadi bisnis makanan sehat.
-    Komunikasikan melalui berbagai media sosial sesuai target pelanggan dan target wilayah yang diinginkan agar mereka tahu keberadaan bisnis kita. Manfaatkan Gofood, Grabfood, Manganfood, Kulina.
-    Lakukan protocol kesehatan di tempat bisnismu, agar karyawan dan bahan pangan aman terjaga kebersihan dan kesehatannya
-    Hadirkan menu yang bisa dibawa pulang dan disimpan seperti froozenfood dan dryfood
-    Maksimalkan digital marketing, jangan memaksakan diri dengan menyewa lokasi yang mahal hanya untuk membuka bisnis kuliner, tapi manfaatkan konsep Ghost resto
-    Ajak investor untuk membiayai bisnismu agar cepat berkembang.
-    Pebisnis kuliner harus konsisten dalam menjaga kebersihan dan keamanan proses pengolahan bahan pangan di dalam dapur masaknya. Dan harus ditunjukan kepada konsumen agar konsumen semakin percaya dan setia dengan produk makanan yang kita jual.(*)

 

Sebarkan Kebaikan Anda

GenOTA.id

GenOTA (Gerakan Orang Tua Asuh) adalah Salah satu program dari LAZNAS Yatim Mandiri dalam bentuk kepedulian sosial untuk menjamin keberlangsungan pendidikan anak yatim dhuafa berprestasi