Card image
Menjaga Keluarga Ditengah Pandemi

Virus Covid-19 yang semakin menyebar di Indonesia tentu membuat siapapun resah. Berikut beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menjaga keluarga agar terjaga dan terhindar dari virus Covid-19:
1. Jaga Jarak dengan Physical Distancing
Pemerintah telah menghimbau warga untuk tetap di rumah dan tidak keluar rumah jika dirasa tidak perlu, serta menghindari kerumunan. Hal ini perlu dilakukan agar keluarga sehat serta tidak ada yang menjadi carrier yang bisa menularkan virus terhadap orang lain. Lakukan physical distancing dengan cara menjaga jarak sejauh 1,5 hingga 2 meter dari orang lain. Serta menjaga interaksi dengan orang lain di luar rumah.
2. Karantina Mandiri
Tidak bisa dipungkiri, sebagian dari warga Indonesia pasti tidak bisa terus menerus dirumah karena tuntutan pekerjaan. Meski anggota keluarga terlihat sehat, namun tubuh kita maupun keluarga tetap bisa menjadi carrier atau pembawa virus. Sehingga, setelah melakukan perjalanan jauh, kita bisa melakukan karantina mandiri di rumah selama 14 hari.
3. Makanan Bergizi
Mengonsumsi makanan yang bergizi seperti buah dan sayur dapat meningkatkan sistem imun dan daya tahan tubuh. Pilih buah dengan kandungan vitamin yang tinggi seperti jeruk, jambu merah, strawberry, wortel, serta sayur apapun yang mengandung flavonoid.
4. Olahraga Teratur
Berolahraga adalah salah satu hal yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh serta sistem imun. Berolahraga cukup di halaman rumah saja atau melakukan workout ringan di dalam rumah. Dengan olahraga teratur, maka kondisi imun pun akan membaik sehingga keluarga sehat.
5. Hidup Bersih
Salah satu hal terpenting yang bisa dilakukan agar terhindar dari virus Covid-19 adalah dengan hidup bersih. Pastikan kita dan anggota keluarga selalu cuci tangan sebelum makan dan setelah bepergian dari luar. Cuci tangan dengan sabun dibawah air mengalir hingga bersih dan mandi dengan teratur dua kali sehari atau setiap setelah berpergian. Selain itu, cucilah baju segera setelah digunakan dari luar, atau jemur di bawah sinar matahari selama beberapa jam.
6. Berjemur
Berjemur di bawah sinar matahari sangatlah baik untuk meningkatkan antibody dan sistem imun agar keluarga sehat. Sinar matahari yang paling baik dan mengandung vitamin D adalah sekitar jam 10 hingga 11 siang. Berjemurlah sekitar 15 menit setiap pagi jika memungkinkan agar antibody dan sistem imun kita dan keluarga tetap terjaga.
7. Bawa Antiseptik saat Keluar Rumah
Jika memang harus bepergian ke luar rumah, maka kita harus membawa antiseptik seperti alkohol cair atau hand sanitizer dengan kandungan alkohol. Gunakan alkohol atau hand sanitizer tersebut setiap kali akan makan.

Dengan melakukan upaya-upaya di atas, maka kita dan keluarga bisa terhindar dari virus Covid-19 ini. Ingat, virus ini dapat mati dengan sendirinya jika daya tahan tubuh dalam keadaan baik. Hindari untuk melakukan hal-hal berlebihan seperti memborong hand sanitizer atau menimbun masker, karena hal itu dapat merugikan tenaga medis yang tentunya lebih membutuhkan. Selain itu, kita dan keluarga harus menghindari untuk keluar rumah sebisa mungkin, untuk menghindari penularan virus Covid-19.(*)

 

Sebarkan Kebaikan Anda

GenOTA.id

GenOTA (Gerakan Orang Tua Asuh) adalah Salah satu program dari LAZNAS Yatim Mandiri dalam bentuk kepedulian sosial untuk menjamin keberlangsungan pendidikan anak yatim dhuafa berprestasi