Card image
Mengajari Anak Untuk Berbagi

GENOTA.ID - Mengajari anak untuk berbagi dengan temannya, memang gampang-gampang susah. Maklumlah, diusia seperti mereka, egoismenya sangat tinggi. Tetapi menjadi kewajiban kita sebagai orang tua untuk mengenalkan makna berbagi sejak dini.

Mengajarkan berbagi sejak dini kepada anak akan memberikan nilai positif untuk kehidupan mereka kelak. Namun yang perlu diingat bahwa agar anak mau berbagi, orang tua dituntut menjadi teladan bagi si buah hati.

Berikut beberapa cara mengajarkan anak untuk bisa berbagi dengan sesama :

1. Anak diusianya yang dini, terbiasa meniru. Mereka adalah peniru ulung. Apabila mereka melihat orang tuanya berbagi, mereka akan meniru yang dilakukan orang tuanya. Anak belajar dari teladan. Jika Anda pun seorang yang memiliki kepekaan sosial tinggi, maka anak pun akan meniru apa yang Anda lakukan untuk lingkungan sosial Anda. Karenanya hati-hati bersikap dan berperilaku jika tidak ingin ditiru mentah-mentah oleh si kecil.

2. Ajarkan bahwa manusia adalah makhluk sosial yang tidak bisa hidup sendiri, bahkan seorang yang sangat kaya dan terpandang sekalipun. Semua orang membutuhkan orang lain untuk mencapai tujuan bersama.

3. Beri gambaran mengenai anak seusianya yang kurang beruntung. Mungkin anak Anda belum mengerti. Ajak anak mengunjungi panti yatim, mendorongnya memberikan sumbangan ke kotak amal, dan lain-lainnya. Dengan mengajaknya melihat kehidupan anak-anak jalanan, atau anak panti asuhan. Empatinya akan terasah, keinginan untuk berbagi dapat timbul dengan sendirinya.

4. Beri kesempatan si kecil bermain dan mengenal dengan berbagai jenis teman. Dari sini anak akan belajar menghargai dan mengakui eksistensi teman-teman sepermainannya. Anak juga belajar solidaritas sosial, serta bagaimana berinteraksi secara harmonis lewat permainan.

5. Ceritakan kisah-kisah yang menginspirasi anak. Seperti kisah para Nabi, tentu model yang ideal bagi anak.

6. Jangan paksa anak untuk berbagi jika mereka belum siap. Namun asah kemampuan empati si kecil. Misalnya lewat dongeng, bermain pura-pura dengan bantuan boneka, atau ajak si kecil mencoba rasakan apa yang dialami teman-teman sebayanya yang kurang beruntung. Hargai kepemilikan si kecil dengan meminta izinnya jika Anda ingin menyisihkan beberapa barangnya untuk disumbangkan. Libatkan si kecil untuk menyisihkan sendiri apa yang menurutnya layak  disumbangkan. Dengan bimbingan Anda tentu saja. Hal ini akan membuat anak merasa dihargai dan menimbulkan keinginan untuk terlibat pada apa yang sedang Anda kerjakan untuk sesama.

7. Libatkan anak dalam kegiatan berbagi dengan orang terdekat. Misalnya, dengan memintanya mengantarkan makanan yang akan dibagikan ke tetangga.

8. Berikan penghargaan apabila anak mau berbagi. Berikan pujian, senyuman, pelukan atau ciuman kepada anak sebagai bentuk penghargaan.

Orang tua adalah model yang terbaik bagi anak. Mau seperti apa kelak, orang tualah yang harus menjadi teladan bagi anak-anaknya. Wallahualam bishawab.(*)

 

Sebarkan Kebaikan Anda

GenOTA.id

GenOTA (Gerakan Orang Tua Asuh) adalah Salah satu program dari LAZNAS Yatim Mandiri dalam bentuk kepedulian sosial untuk menjamin keberlangsungan pendidikan anak yatim dhuafa berprestasi