Card image
Makna Dermawan Bagi Wanita

GENOTA.ID - Dari Ibnu Abbas ra., Rasulullah SAW bersabda, “Sebaik-baik dari kalangan wanita adalah yang paling banyak sedekah” (HR. Tabrani)

Sifat dermawan dapat diartikan sebagai orang yang suka bersedekah. Sehingga, bila disesuaikan dengan hadis di atas, sifat dermawan perlu ditanamkan bagi seluruh umat muslim yang ada di seluruh dunia. Diharapkan, dengan kedermawanan tersebut, seseorang dapat saling membantu antara manusia yang satu dengan yang lainnya.

Pernah dikisahkan, pada suatu hari, setelah Nabi wafat, seorang pengemis wanita bersama dua orang anaknya menghampiri Aisyah ra. dan meminta makanan. Saat itu, Aisyah hanya memiliki tiga potong roti. Ia lalu memberikan ketiga potong roti itu kepada si pengemis. Kedua anaknya masing-masing melahap satu roti dan si ibu melahap satu. Setelah roti habis, lalu kedua anak pengemis memandang ibunya sembari berharap akan roti ibunya. Si ibu mengurungkan niatnya memakan roti itu dan membaginya menjadi dua lalu menyerahkan roti itu kepada kedua anaknya. Pemandangan yang mengharukan ini menyentuh perasaan Aisyah hingga ia meneteskan air mata.

Subhanallah, sungguh alangkah dermawannya wanita yang ada dalam kisah tersebut. Mereka rela mengorbankan rotinya. Demi pengemis, Aisyah merelakan untuk memberikan semua rotinya. Sedangkan sang ibu meski memiliki satu roti, namun ia rela menahan lapar demi kedua anaknya.

Adapun kisah lain mengenai Aisyah. Pada saat itu, hanya ada sepotong roti, sedangkan Aisyah menunggu waktu berbuka puasa. Tiba-tiba seorang pengemis perempuan muncul pada saat berbuka puasa dan ia meminta sesuatu yang bisa ia makan. Segera setelah Aisyah mendengar ratapan si pengemis, ia memanggil pembantunya dan berkata, “Berikan roti ini kepada perempuan itu!”
Si pembantu bertanya, “Tetapi nyonya, tidak ada makanan lagi untuk berbuka puasa.”
Aisyah menjawab, “Berikan saja rotinya! Biar waktu yang menyelesaikannya.”

Itulah kisah mengenai kedermawanan Aisyah ra. Ia lebih mengutamakan orang lain, padahal dirinya sendiri membutuhkannya. Semangat dalam bersedekahnya begitu tinggi. Berdasarkan kisah tersebut, maka kita dapat melihat bahwa sifat dermawan merupakan salah satu sifat harus dimiliki oleh seorang muslimah.

Rasulullah SAW pernah memberikan nasehat kepada kaum wanita untuk bersedekah. Dari Jabir bin ra berkata, “Saya menyaksikan shalat Ied bersama Rasulullah SAW. Beliau memerintahkan untuk bertakwa kepada Allah SWT dan menganjurkan kepada ketaatan kepadaNya dan menasehati manusia serta mengingatkannya. Kemudian beliau berjalan mendatangi para wanita, dan mengingatkannya. Beliau bersabda, ‘Bersadaqahlah para wanita, karena kebanyakan dari kalian itu menjadi bara api neraka Jahanam.” Lalu ada wanita bangsawan berdiri bertanya, “Kenapa wahai Rasulullah SAW?” Beliau menjawab, “Karena kamu semua seringkali mengadu dan mengkufuri suami.” Dan Jabir berkata, “Maka para wanita memulai bersodaqah dan melemparkan gelang, anting dan cincinnya ke pakaian Bilal.” (HR. Muslim, no. 885)

Ketika mengetahui hadis tersebut, para wanita langsung memberikan hartanya, di mana dengan sedekah mereka berharap dijauhkan masuk ke dalam neraka. Oleh karena itu, sudah seyogyanya bagi para wanita mukmin untuk mengetahui hadis tersebut sehingga dapat lebih banyak bersedekah. Wallahu a’lam bisshowab.

 

Sebarkan Kebaikan Anda

GenOTA.id

GenOTA (Gerakan Orang Tua Asuh) adalah Salah satu program dari LAZNAS Yatim Mandiri dalam bentuk kepedulian sosial untuk menjamin keberlangsungan pendidikan anak yatim dhuafa berprestasi