Card image
Ketika Si Sulung Punya Adik Baru

GENOTA.ID - Farel, sebut saja begitu, nama bocah mungil yang belum genap tiga tahun itu melemparkan mainannya ke lantai. Sementara bundanya sedang menyusui adiknya. Bundanya hanya bisa menahan marah melihat kelakuan Farel akhir akhir ini. Ya..sejak kelahiran adik barunya, Farel berubah 180 derajat.

Anak dalam rentang usia 1 – 3 tahun mempunyai rasa cemburu yang begitu besar kepada adik barunya. Pada usia-usia tersebut anak belajar dan berproses untuk menerima kehadiran seorang adik. Jangan langsung berharap si calon kakak ini segera siap menerima kehadiran adik barunya. Salah satu yang harus benar-benar disiapkan ketika ada penambahan anggota baru dalam keluarga adalah si sulung.

Terutama karena selama ini, si kakak mendapatkan perhatian penuh dari kedua orangtuanya, sekarang harus “berbagi” dengan si adik. Hmm bagaimana ya, agar bisa meminimalisir rasa cemburu kakak kepada adik barunya?

Berikut berapa kiat yang mungkin bisa dilakukan oleh kita sebagai orang tua:  
1. Mempersiapkan Mental Si Calon Kakak.
Pancing rasa tertarik si kakak dengan memegang perut bunda yang mulai membesar. Ajak si calon kakak berinteraksi dengan calon adiknya yang masih dalam perut bunda. Ketika bunda sedang berbelanja ke toko perlengkapan bayi, ajak juga si calon kakak untuk membantu memilih pernak-pernik menyambut kelahiran si calon adik.

2. Minta Usulan Nama.
Mintalah usulan nama buat si adik, sehingga ia merasa bangga dan senang karena dia dilibatkan dalam memberi nama adiknya. Libatkan anak dalam memikirkan untuk calon adiknya. Selain menyenangkan karena ia bisa bebas berkreasi, ini akan membuatnya merasa terlibat, punya peran dan tidak terlupakan.

3. Ke Dokter Kandungan.
Apabila memungkinkan, ajak si kakak untuk ikut ke dokter kandungan. Biarkan ia mendengarkan bunyi detak jantung adik bayi di dalam perut Anda. atau melihat adik bayi di monitor saat USG dan terheran-heran sekaligus juga penasaran.

4. Ajak Ke Rumah Teman Yang Baru Melahirkan.
Apabila ada teman yang baru melahirkan, ajaklah calon kakak untuk ikut. Tunjukkan begitu lucu dan mungil adik bayi yang baru lahir.

5. Libatkan Kakak Setelah Adik Lahir.
Setelah adik lahir, libatkan kakak dalam merawat adik. Beri dia tugas sederhana dengan menjaga adik yang sedang bobok, memberi tahu bunda jika adik pipis atau menangis. Jika mengganti popok atau menyiapkan alat mandi bisa libatkan sang kakak untuk mengambil shampo atau sabun buat sang adik. Lihatlah dia pasti merasa bangga. Anda bisa meminta bantuannya untuk mengambilkan baju, meletakkan popok basah di ember, mengajak memandikan adik atau bahkan membantu mendiamkan ketika adiknya menangis. Jangan lupa ucapkan terima kasih jika kakak dapat melakukannya dengan baik.


6. Waktu Spesial.
Satu kunci penting juga, yakni tetap luangkan waktu khusus bersamanya saat si adik tidur pulas. Ini akan membuatnya merasa Anda tetap memperhatikannya dan punya waktu spesial, khusus hanya untuk dirinya.

Semoga dengan kiat-kiat sederhana diatas, si kakak akan senang menyambut kelahiran si adik. Dan tidak ada rasa cemburu kakak kepada adik barunya. Dan tentu orang tua akan bahagia. Semoga bermanfaat . Wallahualam bi shawab

 

Sebarkan Kebaikan Anda

GenOTA.id

GenOTA (Gerakan Orang Tua Asuh) adalah Salah satu program dari LAZNAS Yatim Mandiri dalam bentuk kepedulian sosial untuk menjamin keberlangsungan pendidikan anak yatim dhuafa berprestasi