Card image
Keberkahan Harta

Oleh: Jamil Azzaini
GENOTA.ID - Dalam kehidupan sehari-hari, pasti Anda pernah menjumpai orang yang penghasilannya kecil, tetapi empat anaknya bisa kuliah semua.  Mereka bahagia, tidak punya utang dan sangat menikmati hidup.

Sebaliknya, ada orang yang sudah banting tulang. Pergi pagi dan pulang larut malam tetapi hidupnya masih jauh dari cukup. Utangnya tidak pernah lunas dan berbagai problema silih berganti datang tiada henti.

Mengapa hal tersebut terjadi? Menurut guru saya, orang yang pertama hartanya berkah. Sedangkan orang yang kedua keberkahan hartanya dicabut oleh Sang Maha Pemberi Rezeki. Harta yang berlimpah tetapi tidak berkah itu akan membuat hidup kita selalu ditemani susah. Apakah kita tidak boleh memiliki harta berlimpah? Tentu boleh, tapi pastikan itu berkah.

Bagaimana agar harta kita berkah? Pertama, pastikan harta yang kita peroleh halal. Pastikan bekerja di tempat yang halal dan juga cara memperolehnya halal. Jauhi menipu saat berbisnis, hindari memberi dan menerima suap, jangan pernah mengambil yang bukan haknya.

Lalu yang kedua, usaha yang kita lakukan tidak merusak. Pengertian merusak bukan hanya merusak kehidupan manusia, tetapi juga merusak alam semesta. Adakah usaha yang merusak? Banyak, misalnya membuat dan menjual produk makanan yang disertai dengan pengawet dan bahan-bahan yang merusak kesehatan, membuat dan menjual video serta gambar-gambar porno, hingga narkoba.

Kemudian yang ketiga, sisihkan penghasilan Anda untuk orang lain. Di setiap harta bersih yang kita peroleh masih ada hak orang lain. Keluarkanlah zakatnya atau keluarkanlah sedekahnya. Selain hal ini semakin membersihkan harta Anda, juga bisa berpeluang menyelamatkan kehidupan akhirat Anda. Budayakanlah malu memilki tabungan berlimpah, padahal saudara dan tetangga kita masih banyak yang susah.

Saya menyarankan Anda untuk membaca buku Proud Of You yang ditulis oleh Andika Dwijatmiko. Buku ini cocok bagi mereka yang ingin memulai bisnis kreatif namun syar’i, yang ingin mengembangkan brand perusahaannya. Atau yang sudah lama berbisnis syariah namun ingin melakukan evaluasi. Atau, bagi mereka yang ingin tahu bagaimana perusahaan komunikasi pemasaran syariah bekerja.

Intinya, dalam bisnis dan bekerja kita bukan hanya sekadar mengejar harta yang berlimpah, tapi juga berkah. Sebab keberkahan harta akan membuat Anda bahagia, tenang menjalani hidup, mudah menyelesaikan berbagai problema, khusyuk dalam ibadah, keluarga yang harmonis dan kehidupan yang semakin hari semakin manis. Tidak percaya? Cobalah…
Salam SuksesMulia!

 

Sebarkan Kebaikan Anda

GenOTA.id

GenOTA (Gerakan Orang Tua Asuh) adalah Salah satu program dari LAZNAS Yatim Mandiri dalam bentuk kepedulian sosial untuk menjamin keberlangsungan pendidikan anak yatim dhuafa berprestasi