Card image
Filosofi Kehidupan Dari Peristiwa Hujan

Setiap memasuki bulan-bulan tertentu sebagian wilayah di indonesia mengalami intensitas curah hujan yang tinggi dan lazimnya disebut dengan musim penghujan, yang mana daerah-daerah tersebut akan sering turun hujan dibanding dengan daerah lainya.

Hujan merupakan salah satu nikmat Allah bagi makhluknya dan sebagai hamba kita wajib untuk mensyukurinya sebagai suatu rahmat yang tak ternilai harganya. Sebagaimana dengan firman Allah dalam  Al-Qur’an yang artinya “Dan kami menurunkan dari langit air yang penuh barokah(banyak manfaatnya)” (Qs. Qaff 50:9).

Selain  itu turunnya hujan juga bisa menjadi suatu pembelajaran bagi kita, karena di dalam nya terdapat banyak sekali hikmah yang bisa kita ambil. Namun tidak sedikit juga diantara kita  menganggap hujan sebagai suatu yang tidak menyenangkan karena membuat becek jalanan, membuat mereka tidak bisa pergi keluar rumah seperti biasa bahkan menjadi penyebab banjir.

Meskipun demikian hujan yang merupakan rahmat Allah ini ternyata lebih banyak manfaatnya daripada dampak negatif nya, berikut diantaranya pembelajaran yang dapat kita ambil dari peristiwa turunnya hujan sebagai berikut;

Semangat Pantang Menyerah

Dari hujan kita mengambil suatu pembelajaran, meskipun terjatuh berkali-kali dia akan tetap kembali hingga semua menyadari akan keberadaannya dan tetap bersemangat walaupun takdirnya harus jatuh ke bumi. Di sini dapat dipetik pelajaran bahwasanya ketika kita mengalami kegagalan maka hendaklah bangkit serta mencoba kembali dan tidak perlu menghiraukan orang-orang yang tidak suka dengan kita.

Datang Dengan Membawa Arti Sebuah Kesabaran

Menunggu itu memang sesuatu yang melelahkan. Setiap musim memiliki periode nya masing-masing dan mereka akan menunggu sampai tiba waktu mereka, begitu pula dengan hujan ia akan bersabar cukup lama dalam menunggu masa nya tiba untuk turun ke bumi. Begitu juga dengan kita, harus tetap bersabar walaupun harus menanti dalam waktu yang tidak sebentar dalam hal apapun dalam hidup ini.

Menjadi Diri Sendiri Meski Ada Yang Tidak Suka

Tidak semua orang akan bergembira dengan turun nya hujan, ada sebagian yang merasa  terganggu akan kehadirannya. Meskipun demikian ia akan tetap turun karena baginya kehadirannya membawa hal yang baik kepada yang lainya.

Jadi ketika kita melakukan suatu hal yang tidak merugikan orang lain dan justru sebaliknya malah membawa dampak yang baik bagi orang banyak maka teruslah lakukan, meskipun ada yang tidak senang dengan yang kita lakukan.

Hadir Dengan Membawa Ketenangan

Pernah ngga sih merasa, ketika hujan turun perasaaan kita jadi damai dan tenang. Setelah diteliti ternyata ini disebabkan oleh aroma petrichor yang mana ini hanya dapat kita jumpai ketika hujan tiba, dan pakar kesehatan menjelaskan bahwa aroma ini dapat memberikan efek relaksasi sehingga membuat pikiran menjadi lebih tenang.

Suara hujan yang turun juga bisa meredam stres dan membuat tidur menjadi lebih nyenyak itulah kenapa setiap turun hujan kita menjadi lebih mudah mengantuk. Nah sikap ini yang perlu kita ambil, mulai dari memahami sekeliling dan hal unik yang dimiliki sehingga bisa menjadi sumber ketenangan bagi diri dan orang di sekitar.

Hadir Sebagai Pembawa Manfaat Bagi Kehidupan

Begitu besar peran hujan dalam kehidupan ini, ia turun membasahi bumi bukan dengan tanpa tujuan. Ia datang dengan membawa sejuta keberkahan dan tidak mengharap imbalan sedikitpun dan tidak jarang memunculkan pelangi setelah kehadirannya.

Disini kita dapat memetik sebuah pelajaran yang berharga, ia hadir dengan membawa manfaat bagi makhluk lainya. Serta memberitahu kepada kita bahwa hidup ini haruslah membawa manfaat yang baik, apalah gunanya hidup tanpa membawa kebermanfaatan.

Untuk membawa dampak yang positif bagi lingkungan sekitar tidak perlu dengan hal-hal besar kita bisa memulainya dengan hal-hal kecil seperti peka dengan lingkungan sekitar, membantu sesama serta menjadi pribadi yang selalu membawa aura positif bagi orang lain.

Itulah beberapa filosofi kehidupan yang dapat kita ambil dari peristiwa turunnya hujan dan dapat kita jadikan sebuah motivasi. Teruslah belajar memaknai arti kehidupan dari peristiwa-peristiwa alam yang ada disekitar kita, karena darinya kita banyak mendapat sebuah pengajaran.

 

Sebarkan Kebaikan Anda

GenOTA.id

GenOTA (Gerakan Orang Tua Asuh) adalah Salah satu program dari LAZNAS Yatim Mandiri dalam bentuk kepedulian sosial untuk menjamin keberlangsungan pendidikan anak yatim dhuafa berprestasi