Card image
Cara Bersyukur Kepada Allah SWT

GENOTA.ID - Begitu banyaknya manusia menerima kenikmatan dari Allah SWT, hingga manusia tidak akan pernah bisa menghitungnya. Salah satunya adalah, udara yang selalu kita hirup secara gratis selama hidup kita. Seberapa banyak udara yang kita gunakan, tentu tak dapat kita hitung.

Selain itu, kita juga menikmati penerangan yang didapatkan dari sinar matahari dari pagi hingga sore hari. Hal tersebut diberikan oleh Allah SWT kepada kita tanpa memberinya harga sedikitpun kepada manusia. Ada 3 cara manusia untuk bersyukur kepada Allah SWT, yaitu:

1. Bersyukur Dengan Hati.
Syukur hati berarti meyakini dengan sepenuh hati, bahwa segala nikmat yang diperoleh merupakan karunia Allah. Segala nikmat yang dirasakan manusia, berasal dari Allah SWT. Dengan kesadaran dan keyakinan tersebut, akan membuat hati tenang.
Tidak ada rasa khawatir atau takut kehilangan nikmat yang telah diperoleh. Karena, kita meyakini bahwa nikmat dan karunia adalah pemberian Allah SWT. Sehingga Allah SWT berhak untuk mengambilnya kembali jika Dia menghendaki.

2. Bersyukur Dengan Lisan.
Salah satu bersyukur menggunakan lisan adalah, dengan banyak memuji Allah SWT atas karunia yang diberikan. Paling tidak, dengan banyak mengucapkan alhamdulillah atas kenikmatan yang telah dirasakan.

3. Bersyukur Dengan Perbuatan.
Bersyukur dengan perbuatan adalah, mempergunakan segala nikmat yang dikaruniakan menurut kehendak Allah SWT yang telah memberikan nikmat itu. Ini artinya, nikmat tersebut harus digunakan untuk melaksanakan perintah Allah SWT, dan berbuat kebaikan yang memberi manfaat bagi orang lain.
Misalnya, ketika dikaruniai harta kekayaan oleh Allah SWT, maka bayarkan zakatnya dan lengkapi dengan infak dan sedekah untuk membantu yang membutuhkan. Singkat kata, segala macam yang Allah SWT karuniakan kepada kita, gunakanlah dijalan Allah SWT dan memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi umat.(*)

 

Sebarkan Kebaikan Anda

GenOTA.id

GenOTA (Gerakan Orang Tua Asuh) adalah Salah satu program dari LAZNAS Yatim Mandiri dalam bentuk kepedulian sosial untuk menjamin keberlangsungan pendidikan anak yatim dhuafa berprestasi