Card image
Banyak Bersyukur, Makin Sehat

GENOTA.ID - Ternyata, menurut salah satu hasil studi yang dilakukan Robert A. Emmons, Ph.D, dari University of California, dengan bersyukur secara teratur justru dapat meningkatkan kebahagiaan sebanyak 25 persen.

Editor in Chief of the Journal of Positive Psychology ini mengungkapkan rahasia arti penting seseorang harus bersyukur. Dan hasilnya menunjukkan, dengan banyak bersyukur dan berpikir positif justru dapat membawa pengaruh baik bagi kesehatan, semangat, hingga hubungan dengan pasangan.

Dalam studinya, ia mengamati hubungan antara kebahagiaan dengan kondisi kesehatan seseorang. Dalam riset ini, tim peneliti meminta para respondennya untuk mengisi buku harian selama 10 minggu. Buku harian ini berisi lima hal yang mereka syukuri yang terjadi minggu lalu. Hasilnya, 25 persen responden lebih bahagia dari sebelumnya. Mereka juga menunjukkan kondisi tubuh yang lebih bugar ketimbang orang-orang yang kurang bersyukur atas apa yang dialaminya.

“Kami telah mempelajari lebih dari seribu orang, dari usia 8 – 80 tahun, dan menemukan bahwa orang yang berlatih dengan konsisten perasaan rasa syukur dilaporkan banyak membawa manfaat,” tulis Robert A. Emmons dalam artikelnya yang dimuat di www.dailygood.org.

Ada 3 kekuatan sebagai bagian dampak rasa syukur pada tiap orang. Yakni dampak fisik, psikologi dan sosial. Secara fisik, orang yang banyak bersyukur akan punya sistem kekebalan tubuh yang kuat, menurunkan tekanan darah dan tidur bisa lebih lama dan merasa lebih segar setelah bangun.

Secara psikologis, orang yang banyak bersyukur memiliki emosi positif, lebih waspada,  lebih optimis dan mudah bahagia. “Dan secara sosial, ia suka membantu, murah hati, dan penuh kasih pada orang lain, serta tidak mudah merasa kesepian,” ujar Emmons.

Sebelum penelitian ini, Allah SWT telah memberikan janjinya bagi orang-orang yang banyak bersyukur. “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami (Allah) akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih'." (QS: Ibrahim: 7)

 

Sebarkan Kebaikan Anda

GenOTA.id

GenOTA (Gerakan Orang Tua Asuh) adalah Salah satu program dari LAZNAS Yatim Mandiri dalam bentuk kepedulian sosial untuk menjamin keberlangsungan pendidikan anak yatim dhuafa berprestasi