Card image
Amalan Bulan Syawal Yang perlu Kamu Tahu

Keutamaan Bulan Syawal Yang Jarang Diketahui

Sudah tiga puluh hari Ramadhan berlalu dalam membersamai kita dan kini tibalah Syawal menghampiri, bulan yang sering disebut dengan kemenangan ini juga memiliki  keutamaan-keutamaan di dalam nya loh. Yuk cek apa saja keistimewaan yang terdapat di bulan syawal…
 

Kembali Fitrah
Syawal merupakan bulan umat islam kembali kepada fitrahnya, diampuni semua dosa dan kesalahannya setelah sebulan penuh menjalani ibadah puasa di bulan Ramdhan. Ditanggal satu Syawal paling tidak umat muslim kembali merasakan yang namanya “makan pagi” serta diharamkan nya puasa pada tanggal itu.

Datangnya Syawal merupakan lambang kemenangan bagi umat islam yang telah berhasil menjalani puasa selama sebulan penuh dan melawan musuh terbesar yang terdaapat di dalam jiwa, yaitu hawa nafsu.

 

Bulan Penuh Takbir
Pada malam 1 Syawal, gema takbir mulai dikumandangkan oleh umat muslim secara serentak dari berbagai penjuru dimana ini sebagai pertanda masuknya Syawal dan berlalunya Ramdhan .

Gema takbir yang dikumandangkan merupakan bentuk rasa syukur akan keberhasilan menunaikan ibadah puasa sebulan penuh, kemenangan yang telah di raih tentu tidak terlepas dari pertolongan-Nya. Maka dari itu umat islam memperbanyak zikir, tasbih, takbir dan tahmid.

Pahala Puasa Satu Tahun

Salah satu amalan istimewa yang ada di dalam bulan syawal di antaranya adalah puasa enam hari yang mana pahalanya seperti puasa satu tahun penuh, ibadah ini dapat di mulai pada tanggal 2 syawal.
“Barangsiapa yang berpuasa pada bulan Ramadhan lalu diiringi dengan puasa enam hari bulan Syawal, berarti ia telah puasa setahun penuh” (H.R Muslim, Abu Dawud, At-Tirmidzi, An-Nasa’i, Ibnu Majah)

Bulan Menikah

Amalan berikutnya adalah anjuran menikah di bulan syawal, pada masa jahiliyah sebagian masyarakatnya menganggap pernikahan di bulan ini adalah sebuah pantangan serta dipercaya mendatangkan malapetaka, ini merupakan bentuk khurafat yang terjadi pada masa itu.

Islam datang dan mendobrak khurafat seperti itu, Rasulullah SAW mencontohkannya sendiri bahwa syawal baik untuk menikah. Aisyah RA menegaskan: “ Rasulullah SAW menikahi saya pada bulan Syawal, membina rumah tangga dengan saya pada bulan Syawal, maka siapa dari istri beliau yang lebih beruntung dari saya?”. Menurut imam An-Nawawi hadits tersebut berisi anjuran untuk menikah pada bulan syawal.

Pembuktian Takwa

Inilah point terpenting bulan Syawal. Setelah berlalu Ramadhan maka Syawal menjadi “Pembuktian” berhasil atau tidaknya ibadah selama Ramadhan khususnya ibadah puasa yang tujuannya tidak lain meraih derajat taqwa di sisi Allah SWT.

Jika tujuan itu telah tercapai maka sudah tentu seorang muslim menjadi lebih baik kehidupannya, lebih dermawan kepada sesama, lebih bermanfaat bagi sesama, lebih khusyu’ ibadahnya dan yang tidak kalah pentingnya adalah, semangat ibadah dan dakwah nya tidak menurun meski Ramadhan telah berlalu.

 

Sebarkan Kebaikan Anda

GenOTA.id

GenOTA (Gerakan Orang Tua Asuh) adalah Salah satu program dari LAZNAS Yatim Mandiri dalam bentuk kepedulian sosial untuk menjamin keberlangsungan pendidikan anak yatim dhuafa berprestasi