Card image cap
5 HIKMAH QURBAN DI HARI RAYA IDUL ADHA

 

Memasuki bulan Dzulhijjah terdapat hari istimewa bagi umat muslim selain ibadah Haji di bulan ini juga terdapat hari raya Idul Adha, Yang mana pada hari tersebut umat muslim akan melaksanakan sholat Id dan ibadah kurban.

Kurban merupakan salah satu ibadah yang diwajibkan bagi umat muslim yang mampu melaksanakannya dan kurban ini merupakan bentuk ketaatan serta sarana mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Perintah berkurban ini sebagaimana firman Allah dalam Al- Qur’an yang berbunyi“Dirikanlah shalat dan berqurbanlah”(Q.S.Al-Kautsar:2). Pada pelaksanaannya, ibadah kurban ini memiliki hikmah yang dapat  dipetik oleh kita sebagai orang muslim. Berikut diantaranya;

MENELADANI KETAATAN NABI IBRAHIM

Hikmah pertama yang bisa kita ambil adalah bagaimana kita melihat ketaatan Nabi Ibrahim pada saat Allah memerintahkan kepadanya untuk menyembelih putera satu-satunya yang sangat ia sayangi, Ismail. 

Allah mengabadikan kisah nabi ibrahim dan ismail ini di dalam Al-Qur’an surah As-Saffat ayat 102 sampai ayat 107.

MERAIH DERAJAT TAKWA

Hikmah ibadah kurban yang kedua adalah sebagai sarana untuk meningkatkan ketakwaan kepada Allah SWT, berkurban bukan hanya sekadar menyembelih hewan kurban, mengalirkan darahnya dan membagikan dagingnya melainkan untuk mendapatkan ketaqwaan di sisi Allah SWT. 

Sebagaimana firman Allah dalam surah Al- Hajj “Daging-daging unta dan darahnya itu sekali-kali tidak dapat mencapai (keridhaan) Allah, tetapi dari ketakwaan dari kamulah yang dapat mencapainya” (Q.S Al-Hajj:37)         

BENTUK SYIAR ISLAM

Hikmah ketiga yang bisa kita petik adalah kurban sebagai wujud syiar islam, selain itu dengan melaksanakan ibadah ini menjadi tanda ketaatan kita akan perintah Allah dan Rasul

BENTUK RASA SYUKUR KEPADA ALLAH 

Dengan melaksanakan ibadah kurban di bulan Zulhijjah merupakan bentuk syukur kepada Allah atas segala nikmat yang telah diberikan. Hal ini sebagaimana yang terdapat di dalam surah Al-Baqarah ayat 152, yang mana artinya “ Allah akan selalu mengingat (kamu), karena kamu selalu mengingat akan nikmat dan ingin mengingkarinya.

SEBAGAI BENTUK MEMBAHAGIAKAN KAUM DUAFA

Selanjutnya yang terakhir hikmah yang didapatkan dari berkurban ialah rasa bahagia ketika bisa ikut membahagiakan saudara kita kaum duafa, islam mengajarkan kepada kita agar senantiasa berbagi kepada sesama terlebih lagi kepada mereka yang tengah membutuhkan.

Dengan momen kurban ini alangkah baik nya bisa kita maksimalkan agar lebih banyak saudara muslim kita di luar sana yang merasakan manfaatnya.

 

Sebarkan Kebaikan Anda
Responsive image
GenOTA (Gerakan Orang Tua Asuh) adalah Salah satu program dari LAZNAS Yatim Mandiri dalam bentuk kepedulian sosial untuk menjamin keberlangsungan pendidikan anak yatim dhuafa berprestasi
Kantor Layanan
Jalan Raya Jambangan No.135-137 Surabaya
(031)8283488
08113251112
genota@yatimmandiri.org
Ikuti Kami