Card image
4 Keutamaan Di Bulan Puasa Yang Jarang diketahui

 Ramadhan merupakan salah satu nama bulan yang terdapat dalam kalender hijriyah, dimana masyarakat indonesia lebih mengenalnya dengan sebutan bulan puasa pada bulan tersebut umat islam di seluruh dunia serentak melaksanakan ibadah yang menjadi rukun ketiga dalam islam dengan sukacita.

Banyak keutamaan-keutamaan dan hikmah yang terdapat pada bulan yang menjadi waktu turunnya Al-qur’an ini dan sangat disayangkan apabila sampai membiarkan momen ini berlalu begitu saja, berikut diantaranya;

Sarana Meningkatkan Ketaqwaan Kepada Allah Swt

 Ramadhan menjadi momen yang tepat bagi umat muslim untuk meningkatkan kualitas ibadah dan derajat ketaqwaan kepada Allah Swt, hal ini selaras dengan firman Allah dalam Al-qur’an yang artinya; “Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana di wajibkan atas orang sebelum kamu agar kamu bertakwa” (Qs.Al-Baqarah :183)

Berlatih Menumbuhkan Sikap Qanaah

menerima dengan hati yang ikhlas dan lapang dada merupakan arti dari sikap qanaah, Ramadhan tahun ini kita masih sama dengan kondisi tahun sebelumnya yaitu kita menjalani ibadah puasa ditengah pandemi yang mana membuat segala aktivitas kita menjadi terbatas mulai dari sholat berjamaah di masjid, buka bersama serta mudik ke kampung halaman. Dengan berpuasa maka kita akan berlatih menumbuhkan rasa syukur dan rasa cukup akan pemberian Allah Swt.                                                                                  

 

 Berlatih Mengontrol Hawa Nafsu

Disaat menjalankan ibadah puasa sejatinya kita sedang melatih memanajemen hawa nafsu yang ada didalam diri. Bagaimana tidak pada saat mulai terbit matahari hingga terbenamnya kita di perintah agar menahan diri untuk makan, minum serta hal-hal yang membatalkan puasa lainya. Selain itu puasa dapat menjadi benteng diri dari perbuatan maksiat yang mana sejatinya merugikan diri sendiri serta menghilang kan pahala puasa yang dikerjakan.

 

Momentum Saling Berbagi Kepada Sesama

Ramadhan merupakan momentum yang datang setiap satu tahun sekali dan kedatangan nya menjadi hal yang dirindukan, karena di bulan ini kita merasakan lapar dan kondisi mengajarkan setiap orang memiliki empati kepada saudara-saudara kita di luar sana yang kesusahan dan kelaparan.

Dengan merasakan kondisi saudara-saudara kita yang kurang beruntung di luar sana di harapkan tumbuh empati kepada sesama dengan perbanyak berbagi di bulan yang penuh berkah ini.

 

Sebarkan Kebaikan Anda

GenOTA.id

GenOTA (Gerakan Orang Tua Asuh) adalah Salah satu program dari LAZNAS Yatim Mandiri dalam bentuk kepedulian sosial untuk menjamin keberlangsungan pendidikan anak yatim dhuafa berprestasi