Card image
3 Doa Kesuksesan

GENOTA.ID - Hidup didunia yang hanya sementara ini, kita sudah harus memikirkan kehidupan yang abadi kelak, yakni kehidupan di akhirat. Amalan kita di dunia saat ini, semuanya akan dihisab oleh Allah SWT kelak di akhirat. Dan sudah seharusnya kita mempersiapkan bekal amal sholeh selama di dunia ini.

Dan, amalan-amalan yang kita lakukan, tentulah harus ikhlas kita lakukan. Dengan keikhlasan itu, amalan kita akan bernilai di sisi Allah SWT. Dan yang tidak kalah pentingnya, ialah keseriusan kita dalam berdoa kepada Allah SWT.

Kita berdoa meminta pertolongan kepada Allah agar semuanya menjadi lancar. Ada 3 hal yang kita harus selalu doakan kepada Allah SWT. Semoga dengan doa tersebut, semakin memacu kita untuk terus beramal sholeh.

Adapun 3 permintaan dalam doa itu adalah:
1. Memohon agar kelak diakhirat, kita dikenali oleh Nabi Muhammad SAW.
Sewaktu pergi beribadah haji tahun lalu, saya bertemu dengan salah seorang menteri. Tak disangka, beliau menegur saya. Saya sungguh merasa senang dikenal oleh seorang menteri. Nah, saya yakin Anda pun akan merasa senang dan bangga jika dikenal oleh seorang pejabat. Bayangkan Anda dikenal oleh bupati, gubernur atau bahkan presiden. Senang, bukan? Begitulah, kita akan merasa amat senang jika dikenal oleh seseorang yang besar, apalagi beliau mampu menolong kita ketika kita berada dalam kesulitan.
Bagaimana halnya kita dikenal dengan manusia terhebat, seorang rasul yang sangat dikasihi Allah? Tentulah kebahagiaan yang kita rasakan. Terlebih ketika di akhirat, dimana tak ada yang bisa menolong kita. Dan tentu kita merindukan pertolongan Rasulullah SAW. Dan, alangkah bahagianya ketika beliau mengenali kita sebagai ummatnya dan beliau pun memberikan syafa’atnya kepada kita. Allahumma amin.
Begitulah, saudaraku. Kalau kita ingin dikenali Rasulullah SAW, maka kita harus mengenali beliau terlebih dahulu. Pelajarilah akhlak beliau. Dan marilah kita teladani akhlak beliau. Semoga dengan begitu, kelak beliau dapat mengenali kita sebagai ummat beliau.

2. Kita memohon agar kelak di akhirat, kita menerima buku catatan amalan kita dengan tangan kanan.
Orang-orang yang menerima catatan amalnya dengan tangan kanan kelak di akhirat, tentulah melakukan amalan sholeh ketika di dunia. Kalau kita menginginkan untuk masuk golongan kanan, maka kita tidak boleh lelah untuk terus beramal sholeh. Istirahat kita adalah nanti ketika kaki kita sudah melangkah ke syurga.
Memang tidak mudah, tapi kita harus berusaha berjuang sekuat mungkin. Teruslah beramal sholeh. Ingatlah kematian itu pasti datangnya, meski kita tidak tahu kapan itu terjadi. Oleh karena itu, jangan pernah lelah beramal sholeh di dunia ini. Insyaallah dengan begitu kelak kita termasuk golongan mereka yang menerima catatan amalnya dengan tangan kanan.

3. Kita memohon agar kelak di akhirat, kita dapat masuk syurga bersama-sama dengan seluruh keluarga kita.
Akhirnya harapan kita adalah kelak bisa berkumpul dengan seluruh sanak keluarga keluarga. Semoga keimanan yang sudah tertanamkan dalam diri kita, yang kemudian kita amalkan dalam amalan sholeh dan dapat diikuti oleh anak cucu kita.
Begitupun amalan sholeh yang diturunkan oleh generasi di atas kita dan kita amalkan, dapat mengalirkan pahala kepada mereka tanpa mengurangi pahala mereka. Dengan begitu, semoga kelak kita dikumpulkan dalam syurga Allah bersama sanak keluarga kita dengan kebahagiaan yang takkan pernah usai di negeri akhirat. Amin.

 

Sebarkan Kebaikan Anda

GenOTA.id

GenOTA (Gerakan Orang Tua Asuh) adalah Salah satu program dari LAZNAS Yatim Mandiri dalam bentuk kepedulian sosial untuk menjamin keberlangsungan pendidikan anak yatim dhuafa berprestasi